Laman


Selasa, 01 September 2015

Gunung Tertinggi di Amerika Berganti Nama

Assalamu'alaikum...
Hai, sekarang sudah memasuki bulan September lho! Mura (nama panggilan Jepang Esa) mau kasih info tentang Gunung McKinley yang berganti nama. Sumbernya dari Bobo. Terima kasih Bobo!!

Gunung yang terletak di Alaska ini adalah gunung yang sama, hanya namanya yang berbeda. Gunung McKinley berganti nama menjadi Gunung Denali. Walaupun menjadi gunung tertinggi, gunung ini malah memendek, lho. Pada pengukuran tahun 1952, Gunung McKinley tingginya 9194 meter.  Tahun ini, ketika nama gunung berubah kembali menjadi gunung Denali, tingginya menjadi 6166 meter saja.

Gunung yang puncaknya bersalju ini sebelumnya memang bernama Denali. Denali adalah nama asli yang dikenal oleh masyarakat yang tinggal di sekitarnya. Denali artinya "yang terbesar" dalam bahasa Athabaskan, penduduk asli Alaska. Daerah pegunungan itu sudah lama dikenal dengan nama Denali oleh penduduk setempat. Menurut legenda orang Athabaskan yang tinggal di Alaska, disinilah tempat terjadinya penciptaan.

Gunung itu diubah namanya menjadi McKinley pada tahun 1896. Nama itu diambil dari nama presiden Amerika Serikat yang ke-25, yaitu William McKinley. Penduduk setempat memperjuangkan supaya nama gunung yang mereka anggap keramat itu kembali menjadi Denali mulai tahun 1975. Presiden Barrack Obama mengganti nama gunung ini kembali menjadi Gunung Denali pada 30 Agustus 2015 yang lalu.

Sekian informasi yang dapat Mura berikan kepada teman-teman sekalian. Semoga bermanfaat bagi yang membaca ya. Terima kasih...
Wassalamu'alaikum....